Kenapa Tulisan Dokter "Jelek" dan Susah Dibaca?

Orang awam memang tidak akan bisa membaca perintah yang diberikan oleh seorang dokter dalam sebuah resep. Tapi setelah membaca artikel ini mungkin akan nambah sedikit pengetahuan anda tentang apasih yang ditulis seorang dokter dalam resep anda. Dokter seringkali memberikan resep dalam format tulisan “ceker ayam”. Dan kalau kita perhatikan seringkali digunakan singkatan latin untuk menuliskan resep seperti : Sig: I tab p.o. b.i.d p.c. yang artinya minum 1 tablet 2x sehari setelah makan. Berikut ini beberapa rahasia tulisan didalam resep dokter :

Selidik punya selidik, ternyata bukannya tanpa alasan para dokter mempunyai tulisan tangan mirip sandi rumput seperti itu . Tulisan dokter memang dikondisikan susah dibaca sebab berkaitan dengan resep pemulihan dari sang pasien yang sangat dirahasiakan formula pembuatannya. Tulisan dokter memang menjadi semacam sandi yang ditujukan bagi para Apoteker. Maksudnya sudah jelas, untuk menghindarkan agar resep dokter tersebut tidak disalah gunakan untuk hal-hal yang buruk dan berbahaya. Orang awam sering mengira bahwa resep obat dari dokter dapat digunakan berkali-kali untuk mengobati penyakit yang sejenis. Padahal tidak seperti itu. Meski penyakitnya sama, dokter akan memberikan resep yang berbeda, tergantung usia pasien, jenis kelamin, kondisi kesehatan, riwayat alergi, dsb. (lensaindonesia..com). Artinya akan sangat berbahaya jika seseorang membeli obat secara serampangan di apotek, berdasarkan resep dokter yang awalnya digunakan untuk pasien lain.

Resep dapat diartikan sebagai Permintaan Tertulis dari seorang Dokter maupun Dokter Hewan terhadap sejumlah Obat atau Alat Kesehatan kepada seorang Apoteker di Apotek. Lalu bagaimana kita, sebagai orang awam dapat membacanya? Mari kita lihat penjelasannya gan :

Sebuah Resep yang Lengkap diantaranya Harus Mencantumkan Nama Dokter dan Alamat Prakteknya, seperti terlihat dibagian atas Resep ini.

Harus menyertakan Tanda R/ di resepnya. Tanda R/ ini singkatan dari Bahasa Latin yakni Recipe artinya Ambilah.

Di bagian R/ yang pertama terlihat ada beberapa obat dalam satu R/ dan cara meraciknya. dan angka romawi disamping adalah jumlah obat yang dibutuhkan.

Masih di R/ yang pertama. Tertulis “S. 3 dd I9”. Ini sebagai aturan pemakaian obat.

Setelah pembahasan semua jumlah obat, tidak kalah pentingnya, bahwa Nama Pasien, Umur dan Alamat. Jangan terima jika resep bila Nama Pasien Anda tidak jelas atau lengkap (Bagi Petugas Apotek).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar