CARA ME-RESET ALARM DAIHATSU


Daihatsu memang salah satu brandmerk yang tidak asing lagi di lingkungan kita. Cukup banyak merk yang ditawarkan pabrikan asal negeri sakura ini dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Daihatsu Ayla si mungil dengan tiga silindernya, Daihatsu Xenia yang hampir setiap 50 meter hadir di jalan-jalan Indonesia terutama jakarta, Luxio, Gran max, Sirion, dan SUV Terios yang cukup gagah di jalan raya. Daihatsu juga melengkapi daganganya itu dengan sistem keamanan, seperti Car Alarm dan i-mobilizer.
Kita tahu bahwa Car Alarm menggunakan remote untuk pengoperasianya, tidak sedikit pengguna Daihatsu mengalami error pada alarmnya, seperti alarm tidak aktif, terkadang bisa "stress" saat kita tidak sadar kalau batre remote habis, begitu kita buka manual menggunakan kunci pintu dan alarm bunyi terus-menerus.

solusinya jika alarm erorr, coba lakukan langkah berikut :
1. Periksa nyalak lampu pada remote, apakah masih menyalak terang atau redup. kalau redup/berkedip berarti batre mulai habis dan minta diganti. Batre bisa dibeli di minimarket dengan berbagai merk dengan ukuran 27A. Cara gantinya pun cukup, belah remotenya menggunakan obeng (-), batrenya langsung terlihat.
2. Terkadang ada alarm yang masih tidak mau aktif setelah penggantian batre. Jika itu terjadi, berarti kita perlu me-reset/ Men-sinkronkan remote dengan modulnya. Sebelumnya, lihat lampu pada remote, apakah lampunya kecil atau agak besar (biasanya yang lampunya besar itu Terios). kalau lampunya kecil, caranya posisikan kunci kontak di ACC, lalu di ON-ACC-ON-ACC-ON (mulai di ACC berhenti di ON), lampu led alarm di dashboard akan berkedip - mati - kemudian nyalak terus. Ketika lampu led nyalak terus, kembalikan kunci kontak ke posisi ACC dan akan terdengar bunyi toak/klakson alarm. Kemudian kunci kontak di ON kembali lalu tekan berkali-kali salah satu tombol di remote alarm yang ingin di sinkronkan, jika ada 2 remote (remote cadangan) tekan bersamaan  sampai toak/klakson alarm bunyi (tanda modul menerima sinyal dari remote). Kemudian cabut kunci kontak, dan alarm aktif.
Kalau lampu pada remote alarm agak besar, caranya posisikan kunci kotak di ACC, lalu di ON-ACC-ON-ACC-ON-ACC-ON-ACC-ON-ACC-ON-ACC-ON-ACC-ON (mulai di ACC behenti di ON), tekan berkali-kali remote yang akan di sinkronkan sampai terdengan toak/klakson alarm bunyi, lalu cabut kunci kontak, alarm pun aktif.
 3. Jika setelah melakukan cara-cara di atas tapi alarm tidak mau aktif, berarti ada abnormal di sistem alarm, disarankan kunjungi bengkel resmi kepercayaan anda.

NOTE :sebelum melakukan cara-cara diatas, pastikan pintu depan kanan dalam keadaan terbuka dan yang lainya tertutup temasuk kap mesin. Dan cara di atas tidak berlaku untuk alarm accesories serta kendaraan yang sudah menggunakan sistem i-mobilizer

SEMOGA BERMANFAAT !!
KRITIK DAN SARAN DIPERLUKAN.

21 komentar:

  1. Gan kalau remot yg lampu besar setelah acc-on beberapa kali apakah lampu led alarm di dasboard akan berkedip juga seperti remot yg lampu kecil?

    BalasHapus
  2. gan kalau remotnya hilang dengan posisi lagi di kunci,terus beli remot nya aja,cara ngerisetnya gimana

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah artikelnya bermanfaat disaat aylaku remotenya mode silent padahal gak pernah ngaktifin berkat artikel ini fak jd ke bengkel resmi.terima kasih

    BalasHapus
  4. ai remote keburu ilang, primen?

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara membuka pintu mobil ayla 1.2 2018, jika remote rusak/lowbat. Sedangkan mobil dalam kondisi terkunci dan alarm aktif. Tks

    BalasHapus
  6. terimakasih sangat membantu

    BalasHapus
  7. TARA! Remote Terios berhasil di cloning, Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  8. Gan pertamanya waktu nyalain mesin semua kunci pintu otomatis terkunci.sekarang tdk seperti itu.gimana cara settingnya supaya sepeti semula lagi

    BalasHapus
  9. Gan pertamanya waktu nyalain mesin semua kunci pintu otomatis terkunci.sekarang tdk seperti itu.gimana cara settingnya supaya sepeti semula lagi. (Grand max)

    BalasHapus
  10. Alarm bunyi terus, distater tidk bisa batre dh diganti di terios matic 2012,mohon infonya trmksh

    BalasHapus
  11. Remote bisa cuman 1 s/d 3 meter. Cara repair nya gimana? Letak modul alarm Sigra Type XMT 1.2 dimana? Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah artikel nya membantu,terimakasih admin

    BalasHapus
  13. Ayla alarm kunci nya tidak bersuara

    BalasHapus
  14. Mobil sy Terios 2017.. lampu alrm setelah di lock berkedip cepat tiba2 lambat. Kemudian alarm mobil sering berbunyi sendiri tanpa ada gangguan... Mohon pencerahan

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah berhasil bro... terima kasih.
    Minal aidin wal faidzin...👍

    BalasHapus
  16. makasih bos, infonya sangat bermanfaat, skrg remot mobil saya berfungsi lagi..

    BalasHapus
  17. Gimana caranya hilangin lampu alrm yg menyala terus

    BalasHapus
  18. Allhamdulilah berkat artikel ini alarm mobil xenia sy bisa berfungsi kembali. Cm kemarin sempat bingung, ternyata semua pintu harus ditutup dahulu termasuk pintu depan.

    BalasHapus
  19. Maaf saya mau nanya mengenai alrm remot daihatsu tetios tidak berfunsi..bagaimana cara merisetnya gan

    BalasHapus
  20. Dimana letak sekring alarm dan modul alarm sigra

    BalasHapus